Menikmati Musik Modern Berdasarkan Fungsinya

Musik sejatinya sudah menjadi teman baik bagi manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Bisa dikatakan musik ini memiliki fungsi atas suatu bagian yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan yang ada di bumi ini. Bahkan untuk sebagian orang, musik ini masuk sebagai salah satu bagian terpenting dalam hidup dan rasanya akan benar-benar hampa dan hambar kalau sehari saja tidak bisa mendengarkan musik itu sendiri. 

Bisa diketahui bahwa pada pusat perbelanjaan atau juga tempat nongkrong, setiap harinya akan selalu dihiasi oleh pemutar musik dengan genre yang berbeda-beda. Ada yang memberikan genre Jazz, lalu POP, ada juga yang Dangdut Remix. Semua tergantung atas apa yang ingin dirasakan oleh diri mereka masing-masing. Sebenarnya ini mencakup usia juga, kadang tidak semua umur bisa menerima setiap genre dengan baik. Tanpa benar-benar disadari juga, bahwa Nada-nada yang diatur sangat indah sekali dalam sebuah musik yang mana memiliki efek besar bagi kehidupan manusia. Harmoni dari suara ini juga bisa saja menjadi media dalam mengusir kecemasan atau memberikan efek menenangkan hingga mampu mendongkrak semangat dan akan membuat kalian semakin produktif lagi kedepannya. 

Menurut dari filsuf Plato asal Athena yang kami kutip dari situs liputan6.com. Bahwa Fungsi Musik sudah memiliki peran cukup dalam bagi kehidupan manusia. Selain itu bisa juga dalam menyinggung jika memang fungsi musik ini memiliki pengaruh cukup kuat pada bidang politik yang ada. Musik bisa menjadi kekuatan, lalu kebaikan maupun kejahatan. Bahkan bisa disebutkan kejayaan atau keruntuhan suatu negara bisa disebabkan dengan musik. 

Fungsi Musik Sebagai Sarana Berekspresi 

1) Fungsi Musik dalam Mengungkapkan Emosi

Jadi bagi seseorang, menikmati musik juga memiliki peran untuk menjadi salah satu media dalam mengungkap adanya perasaan atau emosinya. Disini pada peneliti juga sudah menemukan bahwa mendengarkan musik mampu meningkatkan emosi seseorang. Mereka akan jauh lebih ekspresif dan jauh efusif di dalam mengutarakan pendapatnya. 

2) Fungsi Musik dalam Sarana Komunikasi

Selanjutnya menikmati musik juga bisa sebagai sarana komunikasi di dalam hubungan sosial bermasyarakat. Nah musik sendiri menjadi bahasa Universal yang mampu untuk menciptakan perdamaian, solidaritas kemanusiaan serta mampu untuk memadukan adanya perbedaan-perbedaan yang nyata. Hal ini akan langsung mendukung terciptanya suatu media komunikasi di antara sesama manusia. Dan musik sendiri sudah menjadi sebuah bahasa pergaulan serta media komunikasi di dalam kehidupan manusia, walaupun mereka ternyata berasal dari bangsa yang berbeda-beda. Contoh nyata di dalam media komunikasi itu sendiri bahwa musik sangat mampu untuk mewakili perasaan yang ingin kalian sampaikan kepada orang lain dengan cara : Mengungkapkan Rasa Rindu, lalu Rasa Cinta, Rasa Kecewa dan masih banyak yang lainnya. 

Musik Berfungsi Baik Bagi Kesehatan 

3) Mampu Mengurangi Tekanan Darah 

Dengan mendengarkan musik Modern yang lembut di setiap pagi maupun malam. Maka orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi mampu mengontrol dirinya dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuhnya. Menurut penelitian yang sudah disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension yang diadakan di New Orleans, dimana mendengarkan musik Klasik selama 30 menit dan musik Celtic di setiap harinya bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. 

4) Mampu Membuat Tubuh Berenergi 

Selain bisa mendengar adanya suara-suara merdu dari para penyanyinya, tanpa disadari dengan mendengarkan musik ternyata bisa membantu untuk meningkatkan energi secara instan juga. Nah untuk bisa mendapatkan fungsi musik ini sebagai genre musik yang cocok di dengarkan adalah musik Modern layaknya Pop atau Techno. Dentuman atas Bass yang menonjol bisa saja membuat jauh lebih berenergi. Musik jenis ini akan mampu membuat kalian jauh lebih bertenaga dan bergerak jauh lebih cepat. Jadi jika benar-benar butuh tambahan energi secara instan ketika sedang bekerja, tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik modern ini. 

Fungsi Musik Baik untuk Otak 

5) Mampu Meningkatkan Konsentrasi 

Ini masuk sebagai sarana dalam meningkatkan konsentrasi yang jelas. Nah para peneliti juga menjelaskan bahwasannya dari setiap jenis musik tertentu bisa saja meningkatkan emosi positif yang bisa saja menstimulasi otak untuk meningkatkan konsentrasi. Nah dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Susan Hallam, yakni Profesor Pendidikan dan juga Psikologi Musik dari Universitas London terungkap sudah bahwa anak-anak yang rutin dalam mendengarkan musik Klasik akan mampu mengalami peningkatan dari konsentrasi dan kemampuan mendengarnya. 

6) Mampu Meningkatkan IQ dan proses Belajar 

Dari sebuah Jurnal Nature yang memiliki judul Musikal dan Spatial Task Performance menjelaskan bahwa Fungsi Musik Mozart bisa saja membuat kecerdasan meningkat. Nah menurut hasil penelitian dari 3 peneliti yang bereksperimen langsung atas University of California – Amerika Serikat telah menunjukkan hasilnya benar-benar positif. Dan dalam eksperimen ini, mereka telah meminta dari sekelompok mahasiswa untuk bisa mendengarkan musik Klasik Karya Wolfgang Amadeus Mozart dalam kurun waktu 10 menit. Ternyata kemampuan Spatial Temporal dari para mahasiswa ini mampu meningkat hingga 9%. Kemampuan Spatial Temporal ini menjadi sebuah kemampuan untuk bisa mengenali ruang – bentuk – hingga arah. 

Fungsi Musik Modern Membuat Hidup Bahagia 

7) Bisa Memperjelas Memori 

Jelas sudah, mendengarkan musik ternyata mampu memperjelas adanya memori. Dilansir langsung dari University Health News, maka saraf-saraf otak sudah menjadi jauh lebih aktif saat kalian sudah mendengarkan musik. Nah sinyal listrik ini sendiri secara bersamaan akan mampu merangsang hubungan di antara kedua sisi bagian Otak ( Kiri dan Kanan ), serta mampu dalam mengaktifkan area otak yang terkait dari proses emosional, lalu Kognitif dan juga Memori. Jadi fungsi musik yang dilakukan ketika sedang belajar adalah bisa sekali meningkatkan kemampuan fungsi Kognitif otak yang ada. 

8) Mampu Meningkatkan Sebuah Produksi Dopamin 

Mendengarkan musik sudah menjadi sebuah favorit untuk meningkatkan produksi Hormon Dopamin menjadi bahagia lho ! hormon ini rupanya memiliki peran dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar Dopamin, Mood kalian pasti ikut menaik. Hal ini disebabkan atas segala macam gejala badmood yang akan selalu menyertai kalian saat belajar maupun bekerja bisa saja mereda selama kalian mendengarkan musik. Jadinya, fungsi musik ini akan mampu membuat orang merasa sangat tenang dan merasa sangat bahagia. 

Fungsi Musik untuk Mengurangi Stress dan Menambah Daya Tahan Tubuh 

Memang benar bahwa musik memiliki fungsi secara umum untuk memperbaiki suasana hati. Namun ada juga, beberapa musik beserta alirannya ini membuat  down ( seperti patah hati, kadang denger lagu galau pasti nangis. Itulah bodohnya manusia. Ketika stress, harusnya mencari lagu yang senang bukan yang sendu ). Dikutip dari situs liputan6.com bahwa Ilmuwan dari University of Missouri yang telah dipublikasi langsung ke dalam sebuah Jurnal yang berjudul the Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan dari tingkat stress ini akan langsung terlihat setelah 2 minggu secara rutin dengan mendengarkan musik. Selain itu, dari sebuah studi di Brunel University – London Barat sudah menunjukkan bahwa musik itu bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15%, meningkatkan semangat dan efisiensi energi sebesar 1 hingga 2% adanya.