Musik Era ’90-an dengan Musik Zaman Sekarang 

Musik yang dimana sudah menjadi bagian yang tentunya tidak akan bisa dipisahkan dalam sebuah kehidupan. Selain musik yang bisa meningkatkan mood dan juga menggambarkan sebuah suasana, musik yang menjadi salah satu cara yang digunakan untuk meluapkan rasa. Dalam hal ini akan coba dibandingkan sebuah perkembangan musik yang ada di era ’90-an dengan musik yang ada pada masa kini. Di era ’90-an, musik pop, jazz, rock, rap, hingga hip hop yang menjadi genre musik yang turut meramaikan industri hiburan Tanah Air.

Salah satu dari band yang berjaya pada era tersebut yaitu adalah Naif. Meski album pertama mereka, yang berjudul ‘Naif’ diluncurkan tahun 1998 dan pada saat itu sudah mendekati era 2000, musik persembahan David Bayu cs saat itu masih menjadi salah satu musik favorit para penikmat musik pada saat itu. Beberapa lagu yang  dimana pada era tersebut menjadi jagoan dari albumnya tersebut yaitu adalah situs daftar joker123 ‘Mobil Balap,’ ‘Piknik ‘72,’ dan juga ‘Benci Libur.’ Lirik lagu-lagunya yang sangat sederhana dan juga musiknya yang easy listening tentunya hal ini yang akan memudahkan Naif untuk dapat menyentuh hati para pecinta musik.

Musik Era ’90-an dengan Musik Zaman Sekarang

Lalu kemudian hadir Sheila on 7. Band yang dimana pada saat itu digawangi Duta, Eros, Sakti, Anton, Brian, dan juga Adam yang kemudian menelurkan lagu-lagu yang mampu membuat orang-orang bernyanyi. Contohnya beberapa lagu yang terkenal kala itu adalah ‘Kita’, ‘J.A.P’, ‘Anugrah Terindah Yang Pernah Ku Miliki’, dan  juga ‘Dan’, lagu-lagu yang berasal dari album pertama mereka yang dimana pada saat itu dirilis pada tahun 1999. Lalu, melly goeslaw, Anto Hoed, Aksan Sjuman, Nikita Dompas, dan juga adalah Merry Kasiman yang dimana tergabung dalam sebuah band bernama Potret.

Dengan Melly Goeslaw yang dimana pada saat itu selaku vokalis dan juga penulis lagu. Potret juga banyak meluncurkan sebuah single seperti ‘Salah’, ‘Mak Comblang’, ‘Mungkin’, ‘Posesif’, hingga juga ‘Bunda’ yang dimana juga menjadi salah satu yang hal yang dimana sukses membuat banyak orang nanti juga terharu. Dari sisi rock, Edane dan juga Boomerang yang dimana adalah jawara yang ada di era ’90-an. Dari sisi rock yang dimana pada saat itu agak nge-pop, ada GIGI yang dibentuk pertama kali oleh sang vokalis Armand Maulana dan dan juga Dewa Budjana, yang dimana pada saat itu sang gitaris, dan juga ADA Band.

Sekarang, dimana industri musik Indonesia yang dimana tengah diramaikan oleh kehadiran band-band indie. Meski semuanya berada di jalur indie, pamor band-band ini yang dimana juga tak kalah dengan para pendahulunya. Payung Teduh dan juga Barasuara adalah beberapa contoh dari band ini yang ada sekarang ini. Payung Teduh yang dimana terbentuk pada tahun 2007. Namun, album pertama mereka yang dimana di rilis tahun 2012, yakni ‘Dunia Batas’. Album tersebut yang berisikan tentang lagu bernuansa folk, jazz, dan juga lagu keroncong, beberapa di antaranya  yaitu adalah ‘Berdua Saja’, ‘Menuju Senja’, ‘Untuk Perempuan yang Sedang di Pelukan’, ‘Angin dan Pujaan Hujan. Nama Payung Teduh pun yang sukses meroket di kalangan-kalangan tertentu.

Band Zaman Sekarang

Saat ini, Payung Teduh yang dimana sudah dikenal oleh khalayak luas, tentunya dengan lagu mereka ‘Akad’. Lalu, Barasuara yang merupakan Band bentukan Iga Massardi meluncurkan sebuah album pertama mereka yang ada di tahun 2015, yakni adalah ‘Taifun’. Album tersebut yang dimana kemudian berhasil merebut atensi para penikmat musik karena selain album tersebut mengusung indie rock, liriknya juga mendalami semua kehidupan manusia dengan sangat realistis. Di sisi lain, ada juga grup musik HiVi! yang menghadirkan nuansa pop lewat lagu-lagunya yang mengalun seperti ‘Siapkah Kau ‘Tuk Jatuh Cinta Lagi’, ‘Mata ke Hati’, dan juga ‘Orang Ke-3’.

Untuk nama-nama besar lainnya, Noah masih yang juga eksis hingga kini. Musik mereka yang dimana juga bisa mengusung melodi dan juga lirik yang tidak biasa, dimana hal tersebut menjadi sebuah daya tarik utama. Selain Noah, band-band lainnya seperti halnya band D’Masiv, Last Child, dan juga Ungu yang pada saat itu masih eksis dan didengarkan oleh banyak orang. Nidji yang misalnya, meski band ini yang dahulu mengusung musik electronic. Pada saat ini band ini sendiri yang dimana masih vakum karena sang vokalis, Giring yang sekarang ini terjun ke dunia politik, dengan membentuk sebuah band baru yang ada dengan nama Nidji.

Jadi, band zaman old seperti Kahitna yang tentunya masih mendapatkan sebuah tempat di hati masyarakat hingga pada saat ini. Di era ’90-an, musik yang hadir lebih banyak yang mengusung aliran rock. Meski lagu-lagunya yang menghadirkan lirik yang sedih seperti halnya tentang putus cinta dan juga lain-lain, musik di era tersebut yang dimana kemudian diaransemen sedemikian rupa agar nantinya lebih ceria.

Grup vokal

Masih ingat dengan grup musik Warna? Grup vokal yang dimana terbentuk pada tahun 1994 ini adalah sebuah grup musik yang dimana beraliran RnB. Beranggotakan dengan Sarwana, Steven, Victoria, dan Ira Pangesti. Warna telah memproduksi lima album hingga pada tahun 2009. Lagu andalan mereka yaitu ‘Rindu Ini’.

Lalu, AB Three yang dimana sekarang berganti nama B3. Jika di Amerika Serikat sendiri mempunyai Destiny’s Child yang dimana beranggotakan Beyoncé, Kelly Rowland, dan juga Michelle Williams, Indonesia punya yang dimana mempunyai Riafinola Ifani Sari, Widi Mulia Sunarya, dan juga Lusy Rahmawati yang tergabung dalam AB Three. Kini, posisi Lusy  yang kemudian digantikan oleh Cynthia Lamusu.

Tak hanya itu, ada juga grup hip hop Neo yang dimana terkenal lewat lagu ‘Borju’ dan juga Sweet Martabak lewat lagu ‘Cewek Matre’ dan juga ‘Tididit’. Sekarang ini yang dimana banyak grup musik yang mengusung sebuah aliran pop dengan vokal yang powerfull. Masing-masing personel yang dimana memiliki suara yang berkarakter nantinya membuat nama GAC yang mudah diingat oleh penikmat musik yang ada di Tanah Air. Bisa dibilang, grup vokal yang ada pada zaman now yang dimana tidak sebanyak dulu. Alih-alih membentuk grup vokal, musisi masa kini yang dimana lebih memilih untuk bersolo karier.

Penyanyi Wanita

Sebut saja seperti Krisdayanti, Tiiti DJ, dan juga Ruth Sahanaya. Selain itu, ada juga seperti lady rocker Nicky Astria dengan single andalannya pada saat itu ‘Uang’, ‘Panggung Sandiwara’, dan  juga ‘Jangan Ada Angkara’. Lalu, ada juga  Anggun C Sasmi lewat album ‘Snow on the Sahara’ yang dirinya rilis tahun 1997. Dan tentunya  jangan lupakan mendiang Nike Ardilla lewat lagu andalannya ‘Mama Aku Ingin Pulang’.

Sekarang musik yang di ramaikan Raisa Andriana dan juga Isyana Sarasvati adalah diva di zaman sekarang ini. Karakter vokal keduanya dan menggunakan musik yang dimana dihadirkan membuat banyak orang yang terkesima. Setelah itu Raisa dan juga Isyana berkolaborasi lewat lagu seperti ‘Anganku Anganmu’, nama mereka yang semakin melambung dan juga melahirkan banyak dari penggemar baru.

Demikian itulah perbedaan yang ada dari lagu tahun 90an dan juga lagu-lagu yang ada di jaman sekarang. Dimana selera musik berkembang sesuai dengan zaman, dan selera penikmat musik juga dipengaruhi.