Perkembangan Musik K-Pop Menjadi Digemari

EXO, BTS, GOT7, Seventeen, dan juga WannaOne merupakan sebagian kecil dari banyaknya grup boyband Korea Selatan yang telah mendunia. Begitu pula sebaliknya dengan Girlband seperti Girls’ Generation (SNSD), Blackpink, Twice, BlackPink, dan juga GFriend merupakan sebagian kecil dari begitu banyak grup girlband Korea Selatan yang sama mendunianya.

Perkembangan Musik K-Pop Menjadi Digemari

Banyaknya rekor yang telah mereka pecahkan, baik dari skala Korea Selatan dan internasional yang telah berhasil mereka pecahkan. Tidak hanya visual saja yang menjadi daya tarik mereka, melainkan juga kualitas musik, suara dan juga tadian mereka yang bahkan menjadi viral di hampir semua aplikasi streaming musik dan berbagai media sosial. Hal ini juga yang kemudian. menjadi alasan kecil, bahwa K-Pop atau yang kita kenal dengan (Korean Pop) telah mengambil alih kembali masa kejayaan mereka.

K-Pop lahir tidak langsung dengan sebuah keberhasilan yang sangat luar biasa, melainkan mereka juga mengalami berbagai pasang surut. Mulai dari tidak diterimanya musik mereka di pasar tradisional, bahkan sampai ditolak di berbagai media Internasional. Namun, karena begitu banyak perjuangan dan jiga kualitas yang mereka tampilkan, sehingga pada akhirnya mereka pun mendapatkan sebuah keberhasilan mereka saat pada saat berada di pasar musik Korea Selatan, bahkan pasar musik internasional. Siapa sajakah yang menjadi tonggak sejarah atau yang menjadi jembatan lahirnya era musik K-pop di dunia internasional ? Berikut ini akan dibahas alasan kenapa musik k-pop menjadi musik yang paling di idolakan.

Perancang (Planner)

Sebagai perancang dan lahirnya dunia K-Pop sendiri, ada BoA, Rain dan juga Shinhwa. Mereka dikatakan sebagai perancang atau (desainer), karena mereka adalah orang-orang yang pertama kali menampilkan Korean Music Style. BoA (Kwon Bo-ah, 05 November 1986) pertama kali memulai debutnya pada saat umur 14 tahun dengan album mereka ID; Peace B yang dirilis pada tanggal 25 Agustus 2000, dan sekaligus juga membuat BoA menjadi pemenang dalam Kategori Artis Wanita Pendatang Baru Terbaik di dalam ajang MNet KM Music Festival Tahun 2000.

BoA sendiri bernaung di bawah SM Entertainment. Kemudian ada nama Rain (Jung Ji Hoon, 25 Juni 1982) sebagai salah satu dari musisi dan juga sebagai seorang pemain film. Rain memulai debutnya dengan dikeluarkannya sebuah album Bad Guy di tahun 2002, dan dirinya menjadi lebih dikenal lagi dengan dikeluarkannya album ketiga pada tahun 2004 bertajuk It’s Raining. Selain sukses di bidang music, Rain juga ternyata cukup sukses dalam dunia akting.

Sudah lebih dari 10 judul film dan juga serial TV yang diperankan. Tentunya hal tersebut membuat namanya semakin lebih dikenal. Dan yang terakhir adalah Shinwa. Shinhwa sendiri sudah memulai debut mereka yaitu di tahun 1998-1999, dengan dikeluarkannya lagu Resolver pada yaitu pada 24 Maret 1998 dan lagu T.O.P yaitu pada 19 April 1999. Sampai pada tahun 2015, mereka kemudian telah mengeluarkan sebanyak 12 album dan juga telah sangat sukses di pasaran musik. Sebelum bernaung dibawah Shinhwa Company seperti sekarang ini, mereka pernah bergabung dengan SM Entertainment dan juga Good Entertainment.

Pembangun (Developer)

Sebagai pembangun dari era K-Pop disini kemunculan dari TVXQ. TVXQ (Tong Vfang Xien Qi) atau yang sering kita kenal dengan nama DBSK (Dong Bang Shin Ki). Yang mana mereka pada saat itu sudah memulai debut pertama mereka dengan cara merilis single Hugpada 14 Januari 2004 yang membuat mereka mendapatkan sebuah tropi pertama mereka di The Trend Music(Inkigayo). Mereka juga sudah melakukan lebih dari 5 kali tur musik, baik itu tur internasional maupun juga sebuah tur Jepang.

Dan sampai sekarang ini pun mereka semua sudah mengeluarkan lebih dari 10 album, baik itu Album Jepang maupun juga sebuah Album Korea. Awalnya mereka yang terdiri atas 5 member, namun seiring dengan berkembangnya zaman, 3 member pun pada akhirnya keluar dan membuat TVXQ menjalani sebuah kehidupan musik mereka hanya dengan 2 member saja. Namun pasang surut tersebut yang pada akhirnya membuat mereka semakin lebih berprestasi dan bahkan menjadi lebih dikenal terkenal. Dan pantaslah jika mereka dikatakan sebagai pembangun musik Korea.

Penunjuk Jalan (Guide)

Yang menjadi penunjuk jalan di dalam sebuah perkembangan Musik K-Pop tentunya tidak lepas dari nama Girls’ Generation (SNSD) dan juga Super Junior. Perkembangan mereka tidak akan habis dibahas di industri Kpop, karena begitu banyak membuat perkembangan. SNSD dan Suju (panggilan akrab untuk Super Junior) sama-sama bernaung dibawah label SM Entertainment.

SNSD memulai debut mereka yaitu di tahun 2007 dengan lagu Into The New World yang pada saat itu begitu mendunia. SNSD sampai sekarang sudah menghasilkan begitu banyak prestasi, baik itu di Korea Selatan maupun juga di dunia internasional. SNSD sampai sekarang pun sudah menghasilkan 6 album tentunya ini di luar album ini dan juga repackaged album yang semuanya sudah sukses di pasaran musik Korea Selatan dan juga pasaran musik internasional. Setiap lagu yang mereka keluarkan, selalu saja menjadi lagu yang berhasil berada di peringkat 1 tangga lagu di berbagai negara di dunia, dan memuncaki peringkat tertinggi berbagai macam aplikasi musik yang ada di Korea.

Mereka pun sudah begitu banyak menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang, dan membuat mereka bukan hanya unggul dan sadis dalam hal visual dan bidang musik saja, melainkan juga dalam dunia acting. SNSD bahkan memiliki fanbase internasional yang begitu luar biasa dan juga selalu mendukung mereka di dalam berbagai hal yang sementara dan sedang dihadapi oleh SNSD. Fans setia dari SNSD disebut dengan SONE. Kalau disisi Girl ada SNSD (So Nyeo Shi Dae), maka disisi Boy yaitu ada Super Junior (Suju).

Super Junior sendiri berhasil mengawali debut mereka yaitu pada tahun 2005 dengan single Twins (KnockOut) yang pertama kali tampil di Inkigayo SBS. Mereka pun menjadi semakin digandrungi oleh masyarakat dunia, ketika mengeluarkan sebuah single Sorry Sorry yang menjadi viral pada saat itu, dan bahkan menjadi salah satu lagu K-pop yang sangat terkenal. Bagaimana tidak, lagu ini sangat enak didengar dan juga sangat identik dengan dancenya.

Bahkan hingga sekarang ini lagu Sory Sory merupakan sebuah lagu yang banyak dicover, oleh banyak sekali grup boy/girlband Korea Selatan. Ketenaran mereka pun kemudian semakin menjadi-jadi ketika album mereka menjadi semakin laris dan sangat laku di pasaran musik Korea Selatan dan juga internasional. Hal ini membuat Super Junior memang mempunyai sebuah kualitas dan eksistensi dalam musik, serta memiliki sebuah visual yang menawan.

Demikian itulah era awal berkembangnnya musik Kpop di dunia. Sekarang ini musik K-pop tidak hanya disukai di Korea Selatan saja, tapi juga di sukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Musik K-pop yang identik dengan musik dan dance yang energik membuat lagu ini memiliki banyak penggemar. Ditambah dengan visual dari para penyanyi girlband serta boyband yang membuat musik ini menjadi semakin tenar.