Referensi Lagu Indie Indonesia 2020

Lagu indie yang ada Indonesia menjadi salah satu dari lagu alternatif pilihan anak musik yang disukai oleh anak muda. Beberapa tahun belakangan ini, para musisinya Indonesia semakin kreatif untuk dapat menggambarkan isi hati dan juga isu yang relatable dengan kaum milenial. Sering disebut juga sebagai anak indie, penikmatnya yang memang segmented ini juga sering menjadikan lagu-lagunya sebagai sebuah soundtrack untuk bergalau ria dan juga bersuka cita.

Kendati penikmatnya yang tak sebanyak dengan lagu-lagu pop, faktanya lagu indie, merupakan sebuah lagu yang sangat enak didengarkan. Bahkan, beberapa di antaranya juga menjadi lagu yang sangat cocok untuk menggambarkan kebahagiaan dan juga kesedihan. Tak heran jika musik indie sering dijadikan sebagai original sound track film. Bagi anda yang menyukai jenis musik ini, tentunya terdapat sejumlah rekomendasi lagu-lagu indie yang saat ini tengah hits, dan tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Referensi Lagu Indie Indonesia 2020

Musik dengan aliran indie sendiri sebenarnya bukanlah jenis aliran musik baru, karena aliran jenis ini sudah ada sejak tahun 1980-an tepatnya di Inggris. Apa sih sebenarnya musik indie ? Banyak orang yang mungkin menyalah artikan tentang apa itu indie musik, sehingga mereka menganggap indie sebagai sebuah genre atau sebuah gaya fashion. Padahal, anggapan tersebut berbeda jauh dari pengertian musik indie yang sebenarnya.

Kata indie merupakan sebuah singkatan dari kata independent yang artinya adalah sendiri, bebas, atau mandiri. Ya, musik indie merupakan sebuah musik yang diciptakan oleh para musisi secara mandiri seperti dalam proses recording atau publishing. Musik indie biasanya memiliki ciri khasnya sendiri serta memiliki lirik yang easy listening.

Stars and Rabbit – Partikle

Terbilang sudah cukup lama vakum, duo yang digawangi oleh Elda Suryani dan juga Adi Widodo ini telah menggebrak 2020 dengan mengeluarkan album barunya. Tepat yaitu pada awal, rilis album Pieces That Fit yang terdiri dari 8 lagu tersebut disukai oleh kaum milenial. Partikel adalah tracklist kedua yang lebih dari spesial. Tak hanya menghadirkan sebuah lirik dalam Bahasa Inggris, lagu yang juga merupakan kolaborasi dengan Bottlesmoker ini menjadi lagu yang dibuat dalam versi Jepangnya. Dijamin lagu ini akan menjadi salah satu lagu indie terbaik yang ada di tahun ini.

Eleventwelfth – it’s all my mistakes

Band yang beraliran alternatif ini, adalah band yang berbasis di Jakarta. Setelah merilis album bertajuk Eleventwelfth yang di rilis pada 2017 lalu, sebuah single dengan judul it’s all my mistakes dirilis pada Desember 2019 lalu. Tentunya single ini masih terbilang fresh, kan?

Digawangi oleh Rona Hartriant,Almas Makitsuna,Tir Saputra, dan Yogawerda Kessawa mereka tetap produktif menciptakan beberapa single baru di tahun ini. Selama 6 menit musik tersebut mengalun, sebagai manusia kamu nantinya akan diingatkan untuk mewajarkan kesalahan dan juga kekurangan. Tentunya lagu yang satu ini sangat enak didengar.

Hindia – Secukupnya

Untuk kamu yang awalnya tidak terlalu kenal dengan beberapa lagu indie Indonesia, mungkin kamu akan tahu siapa itu Hindia. Salah satu lagunya yang sangat terkenal berjudul Secukupnya. Lagu tersebut dijadikan sebuah soundtrack di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Lagu tersebut berasal dari Album mereka Menari dengan Bayangan, lagu tersebut juga menjadi andalan yang pasti akan dibawakan di setiap tidurnya. Penggalan dari liriknya tidak terlalu sulit dihafalkan, liriknya yang juga relate dengan keseharian anak muda menjadikan lagu ini cukup booming. Apakah ini salah satu lagu favoritmu juga ?

Mocca – Teman Sejati

Teman Sejati menjadi lagu side-A yang langsung disukai oleh para penggemar setianya. Music video-nya yang juga tak kalah menyentuh dengan yang sudah dibuat sebelumnya. Menggandeng kedua pasangan yang sudah berusia senja, pastinya siapa saja yang mencerna lirik dari lagu ini akan di buat terenyuh dan masuk ke dalam lantunan musiknya.

Danilla Riyadi – Pinky

Lagu indie Indonesia lainya adalah lagu Pinky yang di nyanyikan oleh agen sbobet terpercaya Danilla Riyadi. Termasuk lagu yang ada di dalam album Fingers, di dalam album ini terdapat lima lagu yang judulnya menyebutkan nama dari jari-jari. Di lagu ini, Danilla mengisinya dengan beberapa nada whimsical yang berpadu dengan suaranya yang sendu dan juga berat. Dari penggalan liriknya yang juga bisa dibilang singkat, divisualisasikan tentang kedua insan yang membicarakan tentang cinta. Menyoal soulmate yang bersahabat dengan sebuah pertengkaran, mungkin inilah yang juga diasosiasikan atau digambarkan dengan menggunakan jari manis dan sebuah komitmen.

Nadin Amizah – Seperti Tulang

Setelah berkolaborasi dengan penyanyi Sal Priadi di lagu Amin Paling Serius, menjelang penghujung tahun 2019 lalu, Nadin Amizah kemudian telah merilis sebuah single balu yang berjudul Seperti Tulang. Jika di simak baik-baik potongan liriknya yang sendu dan galau, ditambah juga dengan musik video clip dengan berlatar di tepi pantai pada saat senja menambah keindahan dari musik ini. Terkesan cukup simple tapi akan pas di hati setiap orang yang mendengarkan lagu ini.

LONE – Felicia

Beberapa waktu lalu, LONE juga menjadi musisi indie yang sempat menjadi perbincangan hangat di Twitter. Band yang saat ini berbasis di bilangan Jakarta pernah “dicatut” oleh Dowoon, salah satu member band yang berasal dari Korea Selatan, yaitu DAY6. Drummer ini mengunggah sebuah video di akun pribadinya yang saat itu tengah meng-cover gebukan drum dari lagu Felicia tersebut.

Adhitia Sofyan – Sesuatu di Jogja

 

Jangan mengira jika para musisi indie akan kehabisan kata untuk menjabarkan tentang betapa romantisnya Kota Yogyakarta. Sesuatu di Jogja yang juga masuk ke dalam sebuah tracklist di dalam album 8 Tahun milik Adhitia Sofyan ini memang bukan lagu indie terbaru. Walau lagu ini sudah dirilis pada tahun 2017 lalu, tapi tembang ini mampu membuat siapa saja teringat kembali kenangan di kota tersebut. Untuk melengkapi jargon “Jogja tercipta dari rindu, pulang, dan pergi angkringan”, petikan gitarnya di lagu ini akan membuat siapa saja merasa baper seketika. Apalagi liriknya yang juga melibatkan orang lain yang yang tak kalah spesial dalam hidupmu.

Fourtwnty – Hitam Putih

Selain lagu Aku Tenang-nya, Fourtwnty yang juga mempunyai sebuah tembang yang siap membuat hati siapa saja yang mendengarnya menjadi lebih lega. Bukan soal rasa bahagia karena telah bertemu dengan orang tepat, lagu dari band indie Indonesia ini mengajak banyak insan yang memang susah move on untuk dapat mengikhlaskan dan melepaskan apa yang memang tidak ditakdirkan.

Demikian itulah beberapa musisi dan lagu-lagu indie yang terkenal di tahun ini. Musisi-musisi indie yang bermunculan menambah semarak industri musik Indonesia, tentunya musik indie disukai karena liriknya yang pas dan juga easy listening membuat siapa saja dapat terbuai dengan liriknya. Masing-masing dari karya tersebut tentu bisa mewakili suara hati kamu.