Mendengarkan musik dikenal menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh banyak orang dalam sehari-harinya. Selain mudah untuk dilakukan dan tidak menghabiskan waktu panjang yang mengikat, kegiatan ini sering dipilih banyak orang untuk menghabiskan waktu luangnya. Saat sedang tiba-tiba perlu melakukan aktivitas lain yang penting, kegiatan mendengarkan musik ini bisa dihentikan kapan saja. Atau seringkali juga, kegiatan lain bisa dilakukan bersamaan dengan tindakan mendengarkan musik. Sehingga mendengarkan musik sering dilakukan oleh banyak orang, baik itu untuk menghabiskan waktu sambil bersantai atau melakukan aktivitas lainnya, bahkan dalam beberapa kasus dapat dilakukan sambil bekerja. Di masa modern ini cukup banyak tempat bekerja yang mengizinkan para karyawannya untuk dapat bekerja dengan lebih santai, seperti tidak harus menggunakan busana yang super formal maupun dapat bekerja sambil memasang lagu agar tidak mudah mengantuk.

Selain memiliki kriteria seperti yang diinformasikan di atas, musik juga memiliki beberapa manfaat seperti untuk mengasah kesehatan dan informasi yang ditampung oleh otak. Selain menambah informasi serta wawasan, musik juga ternyata sangat bermanfaat sebagai sarana entertainmen untuk dapat menghibur pendengarnya. Di kala jenuh, musik dapat memberi pencerahan untuk mengembalikan semangat dan energimu untuk beraktivitas. Selain itu, pikiranmu juga akan kembali menjadi segar terutama jika musik yang didengar kamu sukai atau sesuai dengan suasana hati. Bahkan stamina dan kemampuan fisikmu dapat turut serta dilatih sambil mendengarkan musik lho! Hayo ngaku siapa yang suka dengerin lagu sambil ikutan goyang sendiri? Maka dari itu, jika kamu tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut akan informasi seputar musik, kamu bisa membaca penjabaran yang dibahas dibawah ini ya.

 

Manfaat yang Bisa Didapatkan Dengan Mendengar Musik

Seperti yang telah banyak diketahui jika kamu ingin melatih kemampuan dan kekuatan fisik, maka hal yang harus dilakukan adalah olahraga. Sedangkan jika kamu ingin mengasah wawasan atau untuk menghibur kejenuhan, maka aktivitas yang harus dilakukan adalah mendengarkan musik. Aktivitas yang satu ini sudah banyak diketahui namun masih sering dilakukan akibat dari anggapan orang bahwa kegiatan ini tidak memberi dampak besar. Padahal kegiatan yang satu ini ternyata sangat besar karena dapat memberi segi positif bagi berbagai hal dalam hidup manusia.

Ada suatu perbandingan yang beredar. Dimana jika kamu ingin mengasah kemampuan fisik, maka lakukan olahraga. Namun apabila kamu hendak mengasah kekuatan otak, maka hal yang harus dilakukan adalah mendengar musik. Mengapa begitu? Mendengarkan musik ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan otak maupun tubuh yang sangat besar. Musik, dinilai dapat membantu meredakan stres, membuat pendengarnya merasa menjadi lebih bersemangat, bahkan hingga dapat membantu meredakan nyeri. Betapa menakjubkannya ya? Siapa sangka, tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi tetap sehat dapat dilakukan dengan cara yang begitu menyenangkan. Kesehatan yang dapat dijaga juga cakupannya cukup luas, mulai dari kesehatan mental hingga ke fisik. Berikut akan dijelaskan informasi mengenai manfaat mendengarkan musik bagi tubuh manusia.

1. Membantu Meredakan Stres

Banyak orang yang sering mengalami mendengarkan lagu kesukaan di saat sedang stres, dimana kemudian pikiran berangsur menjadi lebih baik. Hal ini bukanlah suatu kebetulan, bahkan ada penjelasan ilmiah dibaliknya. Mendengarkan musik diteliti dapat menurunkan kadar kortisol di tubuh. Kortisol merupakan suatu hormon yang dapat membuat respons terhadap stres. Musik juga dapat memberikan pengaruh pada aktivitas fisiologis di tubuh, seperti detak jantung, suhu tubuh, hingga tekanan darah. Musik dengan tempo yang perlahan dapat menurunkan kecepatan detak jantung, laju pernapasan, hingga tekanan darah. Sementara musik dengan tempo yang cepat memiliki efek sebaliknya.

2. Meringankan Gangguan Kecemasan

Bagi orang yang memiliki riwayat kecemasan ringan hingga parah, mendengarkan musik bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Musik itu sendiri dapat menjadi pengalih perhatian yang baik. Manfaat mendengarkan musik ini juga sering diterapkan kepada para pasien kanker yang sedang dalam masa perawatan. Dengan musik, pasien akan merasa lebih tenang, sehingga komunikasi dengan orang-orang terdekat selama perawatan pun bisa lebih lancar. Musik juga dapat memberi kenyamanan yang cukup besar. Selama masa perawatan kanker, musik dapat membuat masa perawatan bisa dijalani dengan lebih baik.

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Baik itu mendengarkan serta saat bermain alat musik, memiliki kaitan yang erat dengan meningkatnya fungsi kognitif dan intelektual pada diri manusia. Sehingga saat sedang mengerjakan sesuatu kegiatan yang bersifat kognitif, aktivitas mendengarkan musik dapat memberi dampak untuk melakukan kegiatan tersebut. Beberapa contohnya seperti menulis atau seringkali dalam dunia modern ini mengetik, membaca, atau berbagai macam pekerjaan lainnya tidak ada menjadi masalah jika dilakukan sambil mendengarkan musik.

4. Baik Untuk Diet

Aktivitas olahraga sambil mendengar musik

Hal yang satu ini tampak begitu menarik bukan? Manfaat mendengarkan musik yang satu ini memang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Diet dan musik memiliki kaitan diantaranya. Sebagai contohnya saat aktivitas makan diiringi sambil mendengarkan musik yang memiliki tempo lambat akan memberi perasaan hati untuk bisa lebih rileks. Faktor penerangan ruangan yang agak remang juga membantu banyak dalam hal ini. Sehingga saat makan bisa dilakukan dengan lebih perlahan sehingga membuat lebih cepat merasa kenyang, dibanding jika kamu makan dalam ruangan yang terang benderang secara cepat seperti sedang terburu-buru.

5. Bisa Meredakan Nyeri

Meski manfaat yang satu ini masih belum ada penelitian konkritnya, namun banyak ahli yang percaya bahwa musik dapat membuat otak memberi perintah kepada organ tubuh untuk dapat mengolah kondisi tubuh dalam meredakan rasa sakit di dalam tubuh. 

6. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat ini tidak dapat dipastikan efektif bagi semua orang, namun disesuaikan dengan kondisi rasa nyaman masing-masing. Bagi beberapa orang, kegiatan belajar sambil mendengarkan musik bisa membuat topik pelajaran lebih mudah untuk dipelajari dan membekas di otak. Namun hal ini ditentukan dari jenis musik yang menjadi selera dari masing-masing orang, serta apakah orang tersebut nyaman untuk belajar sambil mendengarkan musik. Karena ada juga lho beberapa orang yang lebih suka belajar dalam kondisi hening.

7. Untuk Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Terapi menggunakan musik sebagai pengantar tidur juga dinilai cukup efektif untuk mengatasi masalah gangguan tidur seperti insomnia. Jenis musik yang umumnya dipilih contohnya seperti musik klasik yang sangat efektif dalam membuat tubuh menjadi rileks, sehingga upaya untuk tidur berlangsung dengan lebih cepat. 

8. Memperbaiki Suasana Hati

Musik pastinya berperan penting dalam membantu memperbaiki suasana hati yang buruk. Baik itu berbagai jenis musik seperti musik klasik, dangdut, atau pop yang populer dengan banyak orang. Aktivitas yang dilakukan sambil mendengar lagu kesukaan terbukti dapat memperbaiki suasana hati yang buruk untuk dapat berubah menjadi kembali baik. Faktor ini juga dapat memicu produksi dopamin secara alami dari dalam tubuh. Sedangkan dopamin itu sendiri merupakan suatu komponen kimia yang dapat memberi perasaan senang dan bahagia.

9. Bantu Redakan Gejala Depresi

Salah satu manfaat utama dari mendengarkan musik yang sering dialami banyak orang yaitu membantu meredakan rasa stres serta pikiran negatif dari manusia. Gejala yang dikenal dengan nama depresi ini relatif dapat menjadi sangat berbahaya bagi pengidapnya. Bagi orang yang sudah memiliki gejala atau kasus depresi di masa lalu, kegiatan mendengarkan musik dapat dijadikan pilihan metode pemulihan yang baik. Salah satu jenis musik yang dapat membantu secara efektif contohnya seperti musik klasik dan musik berjenis meditasi. Tapi jangan salah pilih musik ya untuk kasus yang satu ini maupun beberapa kondisi yang sedang terjadi. Musik berjenis metal, emo, dan tekno sangat tidak disarankan sebagai metode untuk meredakan gejala depresi. Bisa jadi malah tambah depresi kalau dengar 3 jenis musik itu.

10. Meningkatkan Stamina

Salah satu manfaat yang bisa diambil dari kegiatan mendengarkan musik yaitu untuk menemani masa beraktivitas. Dengan berolahraga sambil mendengarkan musik maka dapat membuat orang yang melakukan olahraga bisa lebih bersemangat dan memiliki stamina yang lebih besar. Maka dari itu sering untuk ditemukan orang yang berlari sambil mendengarkan musik menggunakan headset, atau saat sedang workout di gym. Maka dari itu tak jarang juga tempat fitness yang memutarkan lagu untuk menemani aktivitas berolahraga para pelanggannya. Selain aktivitas lari akan menjadi lebih bersemangat, stamina pun menjadi semakin baik. Jadi kegiatan olahraga bisa dilakukan dalam waktu yang lebih panjang.

 

Kesimpulan

Lalu setelah demikian besar manfaat yang bisa didapatkan dari musik. Maka jenis musik apa yang dapat efektif dalam memberikan manfaat untuk kesehatan? Tren yang berkembang saat ini adalah, musik dengan irama yang cepat baik untuk digunakan sebagai pengiring saat olahraga. Sedangkan musik dengan irama yang lambat akan menjadi unggul saat digunakan untuk keperluan relaksasi. Namun tentunya prinsip musik ini tidak dapat ditetapkan secara sama rata ke seluruh orang. Jika kamu cocok dengan pola yang banyak diterapkan seperti itu, maka kamu bisa mengikutinya. Namun tidak semua orang akan cocok dengan prinsip seperti ini. Ada beberapa orang lain yang kurang cocok dengan cara ini. Maka dari itu prinsip perhitungan akan pemilihan musik ini bebas untuk diterapkan.

Menggunakan musik sebagai terapi adalah masalah selera yang tidak selalu akan sama. Musik keras seperti rock sekalipun dapat dianggap orang memberi perasaan tenang bagi pendengar yang menyukainya. Melebihi dari saat orang tersebut mendengarkan instrumen musik klasik. Namun bagi mereka yang kurang suka musik rock, disuruh mendengarkan musik ini terasa bagaikan berada dalam tekanan yang begitu besar. Banyak orang menganggap bahwa musik sangat berkaitan dengan kejadian di masa lalu. Beberapa orang bahkan sering berpikir bahwa musik sangat berkaitan dengan kenangan di masa lalunya. Bagi beberapa orang, jenis musik tertentu bisa membangkitkan memori terdahulu, baik itu memori indah maupun yang buruk. Sehingga pertimbangan ini juga sering digunakan dalam menentukan jenis musik yang paling cocok dalam penggunaan sebagai terapi.